Khotbah Pekan

Suplemen Bimbingen Khotbah Pekan Doa Wari I, Tgl. 17 Mei 2015

Renungan

Invocatio :
Nggo kuajarken man bandu kepentaren dingen dalan kegeluhen si payo (Kuan-kuanen 4 : 11)       

Ogen :  I Raja-raja 19 : 1-9a; Khotbah : I Korintus 2 : 13-16

Thema: Ertoto guna kegeluhen pertendin

Senina ras turang sinikelengi Tuhan Yesus, enggo kaseh kita kubas pekan doa GBKP ibas tahun enda, janah si gejapken maka luar biasa kel perbahanenDibata nandangi kita. Ija enggo iberekenNakita erjubelium pe 125 tahun ken. Emaka karya Dibata arah perberita simeriah ndube si ibenaken ibuluh awar enggo mbelang ku belang-belang indonesia enda, ija lit kalak karo si tek man Yesus enggo ibabana berita simeriah GBKP simalem enda. Sienda kerina labo erkiketen kebeluhen tapi erkiteken pemere Dibata arah kesah si Badia. Ibas berngi si pemena enda ibabai kita erpalasken Thema; ertoto guna kegeluhen pertendin. Ertoto eme sada hal sini ilakoken kalak si erkiniteken man Dibata, ija kerina siidah kalak sienggo tek man Dibata wajib ertoto, sebab arah ertoto Dibata mereken gegeh si luar biasa, janah megati pe arah ertoto la isadari manusia maka erdahin Dibata di luar kemampuan manusia ndai. Dibata nehken perkuah ateNa eme arah mereken jawaben toto.

Lebih lanjut: Suplemen Bimbingen Khotbah Pekan Doa Wari I, Tgl. 17 Mei 2015

 

Suplemen Bimbingen Khotbah Pekan Doa Wari VII, Tgl. 23 Mei 2015

Renungan

Invocatio 
 "E maka sipergunakenlah kengasupenta si pelain-lain e si enggo ibereken Dibata man banta rikutken lias ateNa" (Roma 12:6a).

Ogen :  1 Petrus 2:9-10; Renungen : 1 Korinti 3:8-9

Thema  : "Ertoto Guna Aron Dibata"

Kata Penaruh

Pekan doanta wari pe pituken enda, e me pekan doa si terakhir. Ibas wari si terakhir enda enggo min si idah tanggung jawabta ibas ertoto; Arah ertoto si idah min pengelebuh ras pengutusen Dibata, arah ertoto e isadarken ras sialoken min gegeh guna dalanken tanggung jawabta ndukung pelayan pelayan khusus ras pelayanenna. Arapen gerejanta GBKP, lit min ulihna pekan doanta tahun enda maka arah nggitna kita ertoto tambah teridahna ketutusen ras kinitekenta.

Lebih lanjut: Suplemen Bimbingen Khotbah Pekan Doa Wari VII, Tgl. 23 Mei 2015

 

Suplemen Bimbingen Khotbah Pekan Doa Wari VI, Tgl. 22 Mei 2015

Renungan

Invocatio  :
“Jikalau kamu tinggal di dalam aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.” (Yohanes 15: 7)

Bacaan I : Matius 5: 13-16; Khotbah : Mazmur 85: 9-14

Tema :
“Berdoa Bagi Program Pelayanan GBKP”

Pendahuluan

Kitab Mazmur adalah kumpulan dari 150 nyanyian, doa, dan syair yang berisi pujian, doa minta pertolongan, rasa suka dan duka, keputusasaan dan pengharapan, dsb. Mazmur-mazmur ini digunakan dalam ibadah umat Israel di Bait Allah. Kitab Mazmur memperlihatkan kepada kita bahwa Tuhan Allah hadir dalam setiap masa kehidupan kita. Segala yang kita lakukan dan rencanakan dalam hidup, secara pribadi maupun komunal (gereja), haruslah mengarah semata-mata untuk kemuliaan Tuhan.

Lebih lanjut: Suplemen Bimbingen Khotbah Pekan Doa Wari VI, Tgl. 22 Mei 2015

 

Suplemen Bimbingen Khotbah Pekan Doa Wari V, Tgl. 21 Mei 2015

Renungan

Invocatio : 
 “... tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani.” (Roma 2:10)

Ogen : Yohanes 2:1-10; Renungen : Rut 4:1-10

Tema :
“Ertoto Guna Orat Nggeluh Simaba Kejuah-juahen”

Kata Perlebe

Mazmur 46:11, "Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah!" Bila Kita mengetahui bahwa Ia adalah Allah, Kita akan diam. Apakah Kita akan datang tergesa-gesa kehadirat-Nya dan berbicara tanpa henti-hentinya? Tidak, Kita datang dan diam dihadapan-Nya, mengakui-Nya sebagai Tuhan yang berkuasa dan memperlakukan Allah sebagai Allah. Amos 3:3, "Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?" Bagaimana dua orang dapat berjalan bersama kecuali jika berjanji. Kata dalam bahasa Ibrani ini yang diterjemahkan sebagai 'janji' mempunyai dua makna yang berbeda namun berkaitan. Salah satu dari makna kata ini adalah perjanjian (appointment), makna yang lainnya adalah persetujuan (agreement). Keduanya saling berkaitan. Bila Kita menyetujui suatu perjanjian, berarti Kita sudah membuat suatu persetujuan. Jadi hal pertama tentang doa adalah Kita membuat suatu perjanjian dengan Allah, dimana Kita menetapkan waktu dalam satu hari itu untuk bertemu dengan-Nya. Nah, penetapan waktu itu mutlak diperlukan, sebagai bagian disiplin rohani. Di saat persahabatan Kita dengan Allah mulai terjalin, Kita akan berkeinginan untuk berdoa lebih lama dan Kita tidak akan merasa waktunya berjalan dengan lambat. Intinya disini bukan mengenai seberapa lama waktu yang Kita gunakan untuk berdoa. Intinya bukan mengenai kuantitas. Hal yang penting adalah kualitas doa Kita.

Lebih lanjut: Suplemen Bimbingen Khotbah Pekan Doa Wari V, Tgl. 21 Mei 2015

 

Suplemen Bimbingan Khotbah Pekan Doa Wari IV, Tgl. 20 Mei 2015

Renungan

Invocatio :
Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur (Kolose 2:7)

Ogen  : I Korintus 13 : 4 - 11; Khotbah  Amsal 8 : 1 - 10

Thema :
 Berdoa untuk belajar sepanjang kehidupan (Ertotolah guna erlajar segedang geluh)

 

I. PENDAHULUAN

Kitab Amsal adalah sebuah kitab yang menggunakan peribahasa, perumpamaan, peringatan sehubungan dengan kehidupan manusia secara Iman, Etis dan Moral.

Ajakan membaca kitab Amsal agar hidup lebih baik dan bijaksana, berdasarkan Takut Akan Allah (1 : 1 - 7, 9 : 10).

Lebih lanjut: Suplemen Bimbingan Khotbah Pekan Doa Wari IV, Tgl. 20 Mei 2015

 

BP-KLASIS-XXX

"SELAMAT DATANG mengunjungi Web GBKP KLASIS JAKARTA-BANDUNG"

Renungan

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11
  • 12
  • 13
  • 14
  • 15

Pengunjung Online

We have 34 guests online

Login Form